Jerman Setop Ekspor Senjata Perang Baru ke Israel, Kenapa?

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyampaikan pidatonya usai pertemuan dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di Yerusalem, 17 Maret 2024. (via REUTERS/Leo Correa)
Foto: (via REUTERS/Leo Correa)

Jerman telah menangguhkan ekspor senjata perang baru ke Israel. Keputusan diambil setelah negara itu melanggar hukum humaniter akibat mengirim senjata ke pasukan zionis tersebut.

Laporan Reuters, mengutip seorang pejabat senior pemerintah Kementerian Ekonomi, mengatakan Jerman telah menghentikan persetujuan lisensi ekspor senjata ke Israel karena kasus hukum yang menyatakan bahwa ekspor semacam itu melanggar hukum humaniter.

“Tidak ada boikot ekspor senjata Jerman terhadap Israel,” kata juru bicara pemerintah Steffen Hebestreit, seperti dikutip Al Jazeera, Kamis (19/9/2024).

Tahun lalu, Jerman menyetujui ekspor senjata ke Israel senilai 326,5 juta euro, termasuk peralatan militer dan senjata perang, meningkat 10 kali lipat dari tahun 2022. Data ini tercatat oleh Kementerian Ekonomi, yang menyetujui lisensi ekspor.

Namun, persetujuan telah menurun tahun ini, dengan hanya 14,5 juta euro yang diberikan dari Januari hingga 21 Agustus, menurut data yang diberikan oleh Kementerian Ekonomi dalam menanggapi pertanyaan parlemen.

Dari jumlah tersebut, kategori senjata perang hanya menyumbang 32.449 euro.

Dalam pembelaannya terhadap dua kasus, satu di hadapan Mahkamah Internasional (ICJ) dan satu di Berlin yang diajukan oleh Pusat Eropa untuk Hak Asasi Manusia dan Konstitusi, pemerintah mengatakan tidak ada senjata perang yang diekspor berdasarkan lisensi apa pun yang dikeluarkan sejak serangan Hamas 7 Oktober terhadap Israel, selain suku cadang untuk kontrak jangka panjang.

Serangan Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 41.000 warga Palestina sejak 7 Oktober, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Serangan itu juga telah mengungsikan sebagian besar penduduk yang berjumlah 2,3 juta orang, menyebabkan krisis kelaparan, dan menyebabkan tuduhan genosida di Pengadilan Dunia, yang dibantah Israel.

Belum ada kasus yang menantang ekspor senjata Jerman ke Israel yang berhasil, termasuk kasus yang diajukan oleh Nikaragua di ICJ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*