10 Tahun Jadi Presiden, Jokowi Pamer Ambil Freeport, Rokan

Foto: Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR RI)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Pidatonya dalam Sidang Tahunan DPR/MPR RI 2024 memamerkan telah berhasil mengambil alih aset dari perusahaan-perusahaan asing yang sudah berada di Indonesia sejak puluhan tahun.

Diantara yang sudah diambil adalah PT Freeport Indonesia (PTFI) yang saat ini Indonesia sudah memegang 51% saham di perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu.

Kemudian Blok Rokan. Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2021 100% sahamnya sudah dipegang oleh PT Pertamina (Perser) dari perusahaan migas asal AS yakni PT Chevron Pacific Indonesia.

Kemudian, PT Newmont Nusa Tenggara yang saat ini berubah nama menjadi PT Amman Mineral Internasional (AMNT) melalui perusahaan swasta Indonesia yakni Medco Energy (MEDC).

Presiden RI Jokowi menyatakan, bahwa pihaknya ingin kekayaan yang ada di negeri ini, anugerah Allah SWT untuk negeri ini, dapat dikelola sebesar- besarnya untuk kepentingan rakyat, dapat dimanfaatkan semaksimalnya untuk kesejahteraan rakyat.

“Oleh sebab itu, kita juga telah mengambil kembali aset kita yang selama puluhan tahun dikelola oleh pihak asing, yang selama puluhan tahun diambil manfaat besarnya oleh pihak asing, seperti Freeport, Blok Rokan, dan Newmont. Alhamdulillah, semua itu bisa kita ambil alih kembali,” terang Jokowi di Gedung DPR/RI, Jumat (16/8/2024).

Kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*