Bukan Anies, Ini Sosok Penantang Ridwan Kamil di Pilgub DKI

Foto: Profil Dharma Pongrekun-Kun Wardana. (via 20detik)

Calon kuat Pilgub DKI Jakarta 2024 dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), Ridwan Kamil sudah punya sosok penantang serius. Namun sosok tersebut bukan Anies Baswedan yang nasibnya masih terkatung-katung. Lalu siapa?

Namanya Dharma Pongrekun dan Kun Wardana yang telah dinyatakan lolos sebagai calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta 2024 melalui jalur independen. Keduanya tidak diusung partai politik manapun.

“Siap, siap. Ya, mungkin bedanya kan mereka diusung oleh partai, kalau kami dari perorangan, didukung oleh rakyat langsung,” kata Kun dikutip, Jumat (16/8/2024).

Kun menyebut Ridwan Kamil merupakan petugas partai. Sementara itu, ia dan Dharma adalah petugas rakyat.

“Ya, apapun yang ada, kami siap untuk menghadapi,” ujarnya.

Ia pun mengaku kini fokus mempersiapkan berbagai syarat teknis untuk diajukan saat pendaftaran Pilkada 2024 yang dibuka pada 27-29 Agustus. Jika syarat diterima KPU, Kun bersama para relawan bakal turun langsung ke basis-basis massa pendukung.

“Para relawan yang kemarin betul-betul memberikan banyak dukungan kepada kami. Kami akan perkuat ya,” katanya.

KPU DKI Jakarta menyatakan pasangan Dharma Pongrekun-Kun Wardana memenuhi syarat untuk maju sebagai pasangan calon independen di Pilkada DKI Jakarta. Hal ini diputuskan setelah KPU menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual kedua.

Berdasarkan verifikasi faktual kedua, data dukungan pasangan ini mencapai 826.766 yang lolos verifikasi administrasi. Kemudian, data yang memenuhi syarat 494.467 dukungan dan yang tidak memenuhi syaratnya 332.299 dukungan.

Dharma Porengkun merupakan pensiunan polisi. Ia terakhir kali menjabat analis kebijakan utama di Lemdiklat Polri sebelum pensiun.

Selain itu, dia pernah menjabat Wakil Kepala BSSN, dan Dirtipid Narkoba Bareskrim Polri. Sementara Kun Wardana merupakan dosen tetap di Institut Sains dan Teknologi Nasional.

Kas138

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*