Wow, c Punya Potensi Energi Hijau 3.600 Giga Watt

Foto: Presiden Joko Widodo saat memberikan pidato dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR RI-DPD RI di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Jumat (16/8/2024). (Tangkapan Layar Youtube DPR RI)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkit potensi besar sumber daya listrik yang hijau di Indonesia. Hal ini disampaikannya dalam Sidang Tahunan MPR RI, Jumat (16/8/2024).

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan bahwa Indonesia tidak mau kehilangan momentum transisi energi saat dunia sedang berlomba-lomba menuju transisi energi bersih. Ia menyebut Indonesia punya potensi besar dalam energi hijau untuk penyediaan listrik nasional.

“Indonesia memiliki potensi besar di sektor energi hijau, yaitu sekitar lebih dari 3.600 Giga Watt (GW), baik dari energi udara, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut, dan bio energi. Kita terus konsisten mengambil bagian dalam langkah dunia melakukan transisi energi secara hati-hati dan bertahap,” ungkap Jokowi.

“Transisi energi yang ingin kita wujudkan adalah transisi Nusantara Baru Indonesia Maju energi yang berkeadilan, terjangkau dan mudah diakses oleh masyarakat.”

Jokowi juga memamerkan cakupan elektrifikasi di Indonesia yang telah mencapai 99% di tahun 2024. Hal ini juga menghela penetrasi internet hingga mencapai 79% di tahun 2024.

Menurutnya, perkembangan ini sangat penting bagi menciptakan iklim pengembangan usaha di Indonesia. Baginya, penetrasi elektrifikasi dan internet akan mampu menciptakan pengusaha yang berkualitas.

“Cakupan ini akan menjadi ekosistem yang baik untuk mendorong digitalisasi UMKM dan pengembangan startup Indonesia sehingga akan melahirkan semakin banyak entrepreneur muda berkualitas di negeri ini,” tambahnya.

Kera4d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*